cara menghubungkan akun youtube dan akun adsense yang beda email

Untuk mendapat uang (monetize) dari video-video yang kita upload di youtube, kita juga harus memiliki akun google adsense. Jika akun youtube dan akun adsense kita menggunakan email atau akun google yang sama, sangat mudah untuk menghubungkan mereka. Namun jika berbeda, ternyata perlu trik tersendiri untuk melakukannya.

Sebenarnya google sudah memiliki halaman yang berisi petunjuk bagaimana caranya menghasilkan uang dari youtube. Ada 4 langkah. Untuk versi bahasa indonesia dapat diakses di URL

https://support.google.com/youtube/answer/72857?hl=id

dan untuk versi bahasa inggris dapat diakses di URL

https://support.google.com/youtube/answer/72857?hl=en

berikut ini adalah cara yang berhasil saya lakukan (versi bahasa inggris) untuk melengkapi langkah ke-2 pada URL diatas dengan akun youtube dan akun adsense yang berbeda:

  1. buka browser chrome
  2. buka browser firefox
  3. pada chrome login ke akun youtube yang ingin di-monetize
  4. setelah login ke youtube, di pojok kanan atas klik icon foto dalam lingkaran dan klik Creator Studio, lalu di menu sebelah kiri klik CHANNEL lalu klik Monetization –> How I will be payed –> Associate an Adsense Account –> Next –>  Create account –> Sign in
  5. Setelah klik Sign In, jangan ketik password tapi Copy URL yang ada di address bar browser chrome dan Paste di browser firefox
  6. di browser firefox ketik email akun adsense lalu klik next dan ketik password nya lalu klik Sign In
  7.  masih di browser firefox klik Accept association. Setelah klik anda akan dibawa ke halaman youtube, dengan tampilan sebagai berikut:
  8. youtube and adsense connected
  9. Jangan Klik Next, tapi Copy URL yang ada di address bar firefox lalu
  10. di browser chrome buka tab baru dan Paste di tab baru tersebut. Jika akun youtube dan akun adsense berhasil terhubung maka halaman monetize di youtube akan terlihat sebagai berikut:

youtube monetize active

12. Selanjutnya agar setiap video atau film secara otomatis monetize ketika selesai upload, di menu sebelah kiri di bawah Monetization klik Upload defaults lalu centang pada Monetize with ads dan jangan lupa klik Save di pojok kanan atas.

mengatasi asus zenfone 2 hang layar hitam gelap

berbeda dengan smartphone yang batereinya bisa dilepas, asus zenfone 2 menggunakan baterei lithium polymer yang tidak bisa dilepas. hal ini membuat pengguna kebingungan manakala smartphone hang dan tidak memberi respon ketika disentuh ataupun dipencet tombol-tombolnya.

pada smartphone yang batereinya bisa dilepas, solusi untuk masalah ini sangat mudah. cukup dengan melepas baterei sebentar lalu pasang lagi dan tekan tombol power untuk menyalakan/mengaktifkan smartphone tersebut.

pada asus zenfone 2 solusi nya juga mudah. cukup tekan tombol power selama 10 hingga 15 detik sampai ada getaran. selanjutnya asus zenfone 2 akan restart dan aktif seperti sediakala.

kemungkinan besar solusi ini bisa diterapkan juga pada smartphone asus seri lain atau smartphone merek lain yang batereinya tidak bisa dilepas.