kelemahan atau kekurangan asus zenfone 2

Saya baru saja berganti smartphone. Sebelumnya saya menggunakan blackberry armstrong. Sekarang saya beralih ke android dengan memilih asus zenfone 2. Saya punya alasan untuk tidak melanjutkan tradisi sebagai pengguna blackberry. Sekitar bulan april 2015 isteri saya melanjutkan tradisinya sebagai pengguna blackberry dengan pindah dari gemini ke Q10. Dua bulan kemudian BB Q10 nya tiba-tiba mati dan tidak bisa on lagi. Hanya lampu indikator merah yang kelap-kelip. Dua bulan lamanya menunggu perbaikan. Setelah dinyatakan sehat, langsung dijual deh BB Q10 nya.

Saya merasa bahwa era blackberry sudah berlalu. Saat ini pilihannya adalah windows phone atau android. Di tahun 2015 ini smartphone dengan spesifikasi menengah dan harga terjangkau adalah asus zenfone 2. Ram 2 GB, internal storage 16 GB. CPU quad-core.  LTE ready. Dual SIM. Batere nya model tanam. Jadi tidak bisa diganti sendiri. Kalau mau ganti bisa di service center nya. Service center nya ada di jogja (asalkan beli yang bergaransi. beli di computa atau els dijamin bergaransi). kalau beli yang tidak bergaransi, tidak akan dilayani oleh service center.

Saya cukup puas dengan kinerja asus zenfone 2. Namun ada satu kekurangannya yang tidak saya ketahui sebelum membeli. Menurut saya ini adalah suatu kekurangan, namun belum tentu bagi orang lain. Semoga apa yang saya alami dapat menjadi pertimbangan bagi orang lain sebelum membeli asus zenfone 2.

Dengan asus zenfone 2 saya tidak bisa lagi menggunakan m-banking bca dengan nyaman. Penyebabnya adalah pada asus zenfone 2, sms default ada di sim 1. begitu juga data service yang hanya di sim 1. Pada smartphone android lain disediakan menu yang memudahkan kita untuk pindah default sms atau data dari sim 1 ke dua dan sebaliknya.

Untuk data service saya menggunakan operator tri (kuota banyak dan masa aktif lama) dan untuk m-banking bca  saya menggunakan operator xl ( m-banking bca hanya disuport oleh xl, telkomsel, indosat). Agar data service dapat berjalan maka kartu tri harus saya letakkan di sim 1. Jadi kartu xl terpaksa harus di sim 2. Akibatnya menu m-banking bca yang notabene bawaan kartu xl menjadi tidak muncul.

Solusinya adalah kartu xl harus diletakkan di sim 1 dengan konsekuensi langganan data service menggunakan xl (kuota internet tertentu dengan masa aktif yang terbatas) yang lebih mahal daripada tri. Atau matikan smartphone dan pindahkan sementara kartu xl ke sim 1 setiap kali hendak transaksi m-banking.

Latest posts by gregor (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*