cara klaim asuransi mobil

Umumnya masyarakat Indonesia kurang suka dengan asuransi. Padahal asuransi sangat bermanfaat. Setidaknya ada 2 hal positif tentang asuransi. Yang pertama, secara tidak langsung kita menolong orang lain yang kesusahan. Yang kedua, kita mendapat pertolongan saat musibah menimpa.

Saya sudah pernah merasakan manfaat asuransi mobil. Kebetulan mobil saya sering dipakai untuk mengantar tamu yang berwisata di jogja. Jalanan di jogja semakin padat saja dengan kendaraan, sehingga resiko senggolan makin tinggi.

Klaim asuransi kendaraan tidaklah sulit, langkah yang perlu di lakukan sebagai berikut :

1. Pergi ke bengkel yang ada kerjasama dengan asuransi yang kita miliki untuk minta estimasi waktu pengerjaan. Jika ada penyok atau lecet dari kecelakaan yang dulu namun belum sempat diklaim,kita bisa minta pertimbangan dari bengkel apakah memungkinkan untuk diikutkan sebagai satu kejadian dengan kecelakaan yang terakhir.
Jika menggunkan asuransi jaya proteksi di jogja, bisa ke bengkel mobil auto mobilindo di jalan kadipaten nogotirto. Lokasinya ke utara sedikit setelah selokan mataram di sebelah kanan jalan.

(sejak kira-kira oktober 2013 jaya proteksi tidak lagi bekerja sama dengan auto mobilindo karena katanya banyak yang mengeluh pengerjaan kurang rapi meskipun cepat selesai. bengkel lain yang masih rekanan dengan jaya proteksi adalah c-maestro lokasi sebelum ring road selatan di Jl. Imogiri Barat No. 155 B Km.4,5 Jogjakarta depanĀ )

2. Setelah dari bengkel lalu menuju kantor asuransi. Tidak harus pemilik polis yang berangkat, namun bisa diwakilkan. Tunjukkan KTP pemilik polis. Pihak asuransi akan memberikan formulir untuk diisi dan juga meminta cerita kronologis yang menyebabkan mobil mengalami kecelakaan.
Pihak asuransi akan memberikan surat pengantar semacam surat perintah kerja yang harus kita bawa ke bengkel.

3. Kembali ke bengkel dengan membawa surat pengantar dan tinggalkan mobil untuk diperbaiki. Jika tidak ingin meninggalkan mobil di bengkel, tanyakan apakah bagian yang harus diperbaiki bisa dilepas agar mobil tidak perlu ditinggal.

4. Setelah selesai diperbaiki pihak bengkel akan menghubungi kita bahwa mobil sudah bisa diambil. Ketika mengambil mobil yang sudah diperbaiki, kita sekaligus juga membayar biaya klaim asuransi yang besarnya 200rb per kejadian.

Latest posts by gregor (see all)

3 thoughts on “cara klaim asuransi mobil”

  1. Penyebab ngga sukanya masyarakat terhadap asuransi karena trauma klaim ngga dibayar….soalnya banyak kejadian asuransi selalu berkelit jika sudah terjadi klaim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*