Google Nexus 4 saingan iphone dan galaxy

Google Nexus 4 dirilis hampir bersamaan dengan produk google lainnya yaitu Google Nexus 10 tablet dan Google Nexus 7 3G tablet. Sepertinya ini adalah strategi google untuk mengepung pesaingnnya, Apple Inc., dengan produk yang bervariasi. Apple sendiri belum lama ini merilis iPad Mini dan iPhone 5.

Nexus 4 dilengkapi dengan Android Jelly Bean 4.2 yang merupakan sistem operasi terbaru dari google.  Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

DESAIN

Dari segi penampilan, Nexus 4 sekilas terlihat seperti smartphone lainnya. Tidak memberi kesan istimewa. Namun jika diamati dengan lebih cermat, layar Corning Gorilla Glass 2 yang terpasang sedikit melengkung di setiap pinggirannya. Bagian belakang terkesan terbuat dari kaca. Ini membuatnya menjadi licin dan rentan terhadap noda seperti misalnya kalau dipegang setelah sang pemilik makan makanan berminyak, akan terlihat bekas sidik jari. Berukuran 133.9 x 68.7 x 9.1 mm dan berat 139g memang tidak ringan untuk sebuah smartphone, namun memberikan kesan kokoh sehingga rasanya seperti tidak perlu menggunakan casing tambahan untuk perlindungan.

LAYAR

Nexus 4 memiliki ukuran layar 4.7 inch dengan resolusi 1280 x 768 pixel 320 ppi (iPhone 326 ppi) sehingga text terlihat sangat tajam, dan gambar terlihat sangat terang, video juga terlihat tajam dan halus meskipun di luar ruangan.

KAMERA

Dilengkapi dengan 8MP kamera utama di belakang dan 1.3MP kamera di depan, Nexus 4 beradaptasi dengan baik terhadap pencahayaan di luar ruangan. Namun pada kondisi pencahayaan yang minim, hasilnya tidak sebaik iPhone 5. Menu yang tampil ketika mode kamera sedang aktif sederhana namun mudah diakses. Hanya dengan menekan layar di bagian manapun maka akan muncul pilihan menu, antara lain mode kamera PhotoSphere 360 derajat.

PERFORMA

Dilengkapi dengan prosesor Quad-core Snapdragon S4 Pro dan memori 2 GB, google mengklaim bahwa Nexus 4 adalah smartphone android tercepat yang ada saat ini. Fitur Bluetooth, wifi dan NFC (Near Field Communication) menunjukkan bahwa Nexus 4 memang tidak memerlukan kabel. Sekilas info, NFC adalah teknologi yang memungkinkan pertukaran data antar perangkat dalam jarak dekat (serupa irda pada HP jadul) yang merupakan pengembangan dari RFID.

BATERAI

Kapasitas baterainya sama dengan Galaxy S3. Namun seperti umumnya smartphone, Nexus 4 juga boros baterai jika digunakan secara intensif. Tapi jika hanya fitur standar seperti text dan browsing bisa untuk seharian.

Berikut ini spesifikasi teknis Nexus 4 :

Layar:

4.7″ diagonal
1280 x 768 pixel resolution (320 ppi)
WXGA IPS
Corning® Gorilla® Glass 2

Dimensi:

133.9 x 68.7 x 9.1 mm
139g

Konektivitas:

WiFi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth
NFC (Android Beam)
Unlocked GSM/UMTS/HSPA+
GSM/EDGE/GPRS (850, 900, 1800, 1900 MHz)
3G (850, 900, 1700, 1900, 2100 MHz)
HSPA+ 42
Wireless charging
SlimPort HDMI

Kamera:

8 MP (utama)
1.3 MP (depan)

Prosesor dan Memori

8GB or 16GB (actual formatted capacity will be less)
2 GB RAM
Qualcomm Snapdragon™ S4 Pro CPU

Fitur lain:

Android 4.2 (Jelly Bean)
Accelerometer
GPS
Gyroscope
Barometer
Microphone
Ambient light
Compass

Latest posts by gregor (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*