tabel angsuran kpr 2012

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan diri untuk mencari info tentang angsuran KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di beberapa bank antara lain Mandiri, CIMB Niaga dan BTN. Bank Mandiri memiliki beberapa tabel perhitungan untuk  KPR yaitu KPR untuk rumah baru (mandiri KPR primary), KPR untuk rumah bekas (mandiri KPR second) dan KPR take over atau pindahan dari bank lain.

Untuk primary dan take over suku bunga fix selama 2 tahun sebesar 6.75% dan di tahun ketiga menjadi fix sebesar 9.75% lalu tahun berikutnya hingga lunas suku bunga float alias mengikuti suku bunga pasar. Memang harus diakui suku bunga yang ditawarkan Bank Mandiri paling rendah dibandingkan bank lain. Tapi suku bunga float itu yang harus dipertimbangkan, karena bisa naik hingga dua kali lipat bahkan lebih. Bisa mencapai 14%.

Untuk pembelian rumah bekas, Bank Mandiri menetapkan suku bunga sebesar 7,75% fix hanya selama 2 tahun, lalu selanjutnya juga float. Ada info yang menarik ketika ngobrol dengan Mbak Zita yaitu CS yang membantu saya. Katanya di Jogja sedang heboh pembangunan kondotel. Apa itu? Jangan berpikir ngeres dulu. Menurut mbak Zita kodotel adalah apartemen yang berfungsi seperti hotel. Seorang pemilik kondotel menyerahkan pengelolaan apartemen miliknya kepada pihak manajemen untuk disewakan kepada orang lain (seperti kamar hotel). Uang pembayarannya dibagi sebagian untuk pihak manajemen dan sebagian untuk pemilik dengan prosentase tertentu.

Bagi yang berduit, konsep kondotel adalah investasi yang menarik. Beberapa lokasi di Jogja yang sedang dibangun kondotel antara lain depan Polda di ringroad utara, sebelah barat Hotel Saphir di Jalan Solo dan sebelah barat Carrefour (ex Alfa) di Jalan Solo. Salah satu diantaranya dibangun oleh grup Bakrie milik ARB calon presiden dari partai Golkar.

tabel KPR take over Bank Mandiri tahun 2012
tabel KPR take over Bank Mandiri tahun 2012
tabel KPR Bank Mandiri 2012 untuk rumah baru dan bekas
tabel KPR Bank Mandiri 2012 untuk rumah baru dan bekas

Sedangkan Bank CIMB Niaga tidak membedakan antara rumah baru, bekas maupun take over. Untuk rumah bekas, sebelum kredit disetujui harus dilakukan apprisal oleh pihak bank yang biayanya Rp. 500.000,- di Bank CIMB Niaga dan Rp. 350.000,- di Bank Mandiri. Biaya tersebut tetap harus dibayar oleh calon nasabah meskipun nantinya kredit tidak disetujui.

tabel angsuran KPR Bank CIMB Niaga tahun 2012
tabel angsuran KPR Bank CIMB Niaga tahun 2012

Untuk Bank BTN nama produknya KPR Platinum. Plafond pinjaman mulai 30 juta hingga 250 juta suku bunganya 9.75%  sedangkan diatas 250  juta hingga 1.5 M suku bunganya 7.49% selama 2 tahun fix selanjutnya float. Untuk pembelian rumah bekas, yang dibiayai oleh BTN sebesar 70%.

tabel angsuran KPR Bank BTN tahun 2012
tabel angsuran KPR Bank BTN tahun 2012
tabel lanjutan angsuran KPR BTN tahun 2012
tabel lanjutan angsuran KPR BTN tahun 2012

Untuk syarat dan kelengkapan dokumen KPR BTN non subsidi klik disini.

Untuk tabel angsuran KPR BTN non subsidi tahun 2016 klik disini.

Untuk tabel angsuran KPR BTN subsidi tahun 2016 klik disini.

Latest posts by gregor (see all)

5 thoughts on “tabel angsuran kpr 2012”

  1. Wahhh nice info gan, ni ane jg lagi cari2 Bank bwt KPR rumah baru ane… bingung milih Mandiri Ato BTN klo sama2 di ACC.
    BTN oke sama negeri dan aman floatingnya
    Klo mandiri tergiur ma Promo Bunga flatnya itu

  2. Slmt siang ,saya mau menanyakan bagaimana caranya untuk mengagunkan rumah saya ke bank BTN ?….trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*