mengapa tablet pc?

hari gini adalah hal biasa melihat orang dimana-mana asyik sendiri dengan tablet PC nya. Di kantor, kampus, mal,warung kaki lima,halte bus, dll. Makin banyak pula vendor yang merilis produk tablet mereka dengan harga yang sangat variatif, mulai dari 1 juta hingga 7 juta sehingga berbagai kalangan dapat memilih sesuai kemampuan keuangannya. Sebut saja Apple ipad, samsung galaxy tab, motorolla xoom, asus nexus, viewsonic gtablet, maylong universe, pandigital supernova, dll. Tentu saja seperti pepatah jawa mengatakan “ono rupo ono rego”, barang mahal tentu ada alasannya. Tablet yang harganya lebih mahal biasanya memiliki kelebihan daripada yang murah, antara lain adalah kemampuan batre. Tablet yang harganya lebih mahal memiliki kemampuan batre yang lebih baik sehingga tidak perlu terlalu sering untuk dicas.

Mungkin saat ini anda sedang berada pada posisi bimbang untuk membeli tablet karena sudah punya smartphone atau laptop yang kemampuannya kurang lebih dibandingkan tablet. Tapi melihat orang pada asik dengan tabletnya kok ya kepingin juga. Bingung jadinya… kini aku harus bagaimana????

Mungkin anda seorang pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari alasan untuk melobi orang tua anda supaya dengan suka rela dan mantap membelikan tablet untuk anda karena yakin bahwa itu baik untuk anda. Tulisan ini mencoba untuk memberikan sedikit wawasan tentang hal positif yang diperoleh pengguna tablet yang merupakan pengalaman pribadi seorang editor majalah bernama Armando Rodriguez. Mengapa harus pakai tablet? Karena :

PORTABILITAS alias mudah dibawa-bawa

dibandingkan laptop, tablet dirancang agar lebih ringan dan mudah dibawa. ketika anda sedang asyik melakukan suatu aktifitas di rumah dan tiba-tiba muncul ide di kepala yang perlu info lebih lanjut di internet, jauh lebih mudah untuk mengambil tablet dan mulai googling dibandingkan dengan harus berjalan menuju komputer PC di meja dan menunggu komputer tersebut booting, dll. Bahkan laptop yang dirancang sebagai komputer mobile pun perlu waktu untuk booting. Berbeda dengan tablet yang tidak perlu booting maupun dimatikan.
Smartphone seperti blackberry memang juga relatif lebih mudah dan cepat untuk kita bisa online. Tapi akan terasa lebih nyaman untuk bisa melihat keseluruhan halaman dalam satu layar dengan ukuran tulisan yang bersahabat dengan mata dibandingkan di layar smartphone yang relatif kecil.

PRODUKTIFITAS

Menyelesaikan pekerjaan kantor dengan mengetik di keyboard tablet memang kedengaran konyol, tapi keberadaan tablet di tempat kerja dapat lebih memudahkan kita untuk mengerjakan hal-hal kecil seperti cek email atau manajemen jadwal. Letakkan tablet pada posisi berdiri di sebelah layar PC sebagai layar kedua anda dan aktifkan aplikasi email sehingga ketika ada email masuk anda bisa langsung tahu dan mengambil tindakan.
Bagi pelajar, tablet juga akan sangat berguna untuk mengurangi beban membawa buku.
Saat ini banyak sekali buku yang memiliki versi cetak dan versi digital. Daripada bawa buku mendingan masukin di tablet aja versi digitalnya.

HIBURAN

Tablet cocok banget buat hiburan. Pada dasarnya tablet adalah sebuah layar, jadi nonton film di tablet ya oke banget. Bandingkan dengan nonton spiderman di layar 3,5 inci blackberry. Enggak banget lah…. Apalagi kalo tablet kita koneksi internetnya lancar, gak perlu nyimpen file film di tablet. Streaming aja langsung dari internet. Contoh yang menyediakan layanan seperti itu adalah Netflix and Hulu Plus.
Buat main game apalagi…. Game seperti angry birds ok banget dimainkan di tablet.

ADAPTASI

Salah satu keunggulan tablet dengan sistem operasi android adalah banyaknya aplikasi murah bahkan gratis untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari hiburan hingga yang membantu produktifitas dengan mudah masuk ke tablet. Menginstal apliaksi di tablet sangat mudah dan sederhana. Tidak perlu berurusan dengan product key atau registration code. Dan kebanyakan aplikasi dapat diunduh dan diinstal dalam hitungan menit.
Tablet juga sangat berguna bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di jalan dan memerlukan fungsionalitas yang tidak bisa didapatkan di smartphone tapi gak mau ribet bawa-bawa laptop yang berat dan besar.

Latest posts by gregor (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*