informasi beasiswa bappenas tahun 2013

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Republik Indonesia kembali membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mendapatkan beasiswa S2 tahun 2013. Berikut ini ringkasan informasinya:

A. Ketentuan Umum

  1. Berstatus sebagai PNS dan belum pernah mengambil/memiliki gelar S2.
  2. Setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) dalam dua tahun terakhir sekurang-kurangnya bernilai baik.
  3. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.
  4. Tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS.
  5. Golongan ruang minimal III/a masa kerja 2 tahun.
  6. Mempunyai loyalitas dan kinerja yang baik.
  7. Mendapat rekomendasi dari kepala SKPD.

B. Persyaratan Calon Peserta

UNTUK S2 DALAM NEGERI

  1. Pengusulan dari instansi : Min. UKE II
  2. Unit Kerja : Perencanaan
  3. PNS 100% gol. III/a minimal : 2 tahun
  4. Strata pendidikan minimal : S1
  5. Minimal tahun lulus S1 : 2 tahun
  6. Umur maksimal : 40 tahun
  7. IPK minimal : 2,5
  8. Tes potensi akademik (TPA)
  • Pusat : 565
  • Pusat luar Jawa : 525
  • Pemda Jawa : 525
  • Pemda luar Jawa : 500

9.  TOEFL

  • seleksi  minimal : 400
  • setelah EAP : –

10. Wawancara : Menunjukkan komitmen

UNTUK S2 LINKAGE BELANDA/AUSTRALIA

  1. Pengusulan dari instansi : Min. UKE II
  2. Unit Kerja : Perencanaan
  3. PNS 100% gol. III/a minimal : 2 tahun
  4. Strata pendidikan minimal : S1
  5. Minimal tahun lulus S1 : 2 tahun
  6. Umur maksimal : 38 tahun
  7. IPK minimal : 2,75
  8. Tes potensi akademik (TPA)
  • Pusat : 565
  • Pusat luar Jawa : 525
  • Pemda Jawa : 525
  • Pemda luar Jawa : 500

9.  TOEFL

  • seleksi  minimal : 450
  • setelah EAP : 550

10. Wawancara : Menunjukkan komitmen

UNTUK S2 LINKAGE PERANCIS

  1. Pengusulan dari instansi : Min. UKE II
  2. Unit Kerja : Perencanaan
  3. PNS 100% gol. III/a minimal : 1 tahun
  4. Strata pendidikan minimal : S1
  5. Minimal tahun lulus S1 : 2 tahun
  6. Umur maksimal : 38 tahun
  7. IPK minimal : 2,75
  8. Tes potensi akademik (TPA)
  • Pusat : 565
  • Pusat luar Jawa : 525
  • Pemda Jawa : 525
  • Pemda luar Jawa : 500

9.  TOEFL

  • seleksi  minimal : 450
  • setelah EAP : 550

10. Wawancara : Menunjukkan komitmen

UNTUK English for Academic Purposes (EAP) S2 LUAR NEGERI

  1. Pengusulan dari instansi : Min. UKE II
  2. Unit Kerja : Perencanaan
  3. PNS 100% gol. III/a minimal : 2 tahun
  4. Strata pendidikan minimal : S1
  5. Minimal tahun lulus S1 : 2 tahun
  6. Umur maksimal : 38 tahun
  7. IPK minimal : 2,75
  8. Tes potensi akademik (TPA)
  • Pusat : 565
  • Pusat luar Jawa : 525
  • Pemda Jawa : 525
  • Pemda luar Jawa : 500

9.  TOEFL

  • seleksi  minimal : 450
  • setelah EAP : 550

10. Wawancara : Menunjukkan komitmen

C. Prosedur Pelamaran dari BAPPENAS

1. Pelamar adalah mereka yang memenuhi persyaratan seperti yang disebutkan diatas, dan belum pernah mengambil/memiliki gelar S2, dengan mengisi formulir pendaftaran dan diusulkan secara resmi oleh instansi asalnya melalui pejabat pengelola kepegawaian atau atasan langsung (minimal eselon II). Surat usulan dimaksud harus menyebutkan nama-nama pegawai yang diusulkan oleh instansi, dan program/topik beasiswa yang diminati.

2. Pelamar yang diprioritaskan adalah para: (a) Pejabat fungsional perencana; (b) perencana di instansi perencanaan atau yang bekerja di unit kerja yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di bidang perencanaan; (c) PNS lain yang direncanakan bekerja di instansi atau unit perencanaan;

3. Peserta yang memenuhi syarat administrasi (MS), lulus TPA dan TOEFL akan diproses penempatannya selama 2 tahun (selama nilai TPA dan TOEFL -nya masih berlaku), asalkan diusulkan kembali oleh atasan langsung (minimal Pejabat Eselon II), kecuali ada surat pembatalan pencalonan dari instansi asalnya (minimal Pejabat Eselon II).

4. Formulir pendaftaran harus dilengkapi dengan dokumen pendukung yaitu:

  • Ijazah dan transkrip S1 yang telah dilegalisir
  • Fotokopi SK pengangkatan PNS 100% pada golongan III/a, atau SK pengangkatan terakhir yang dilegalisir
  • Khusus bagi para pejabat fungsional perencana harus melampirkan SK jabatan terakhir yang dilegalisir
  • Pernyataan rencana studi (dalam bentuk esai), sebagaimana format yang sudah ditentukan.

D. Program studi yang dipilih untuk program S2 beasiswa BAPPENAS sebaiknya sesuai dengan ijasah yang diperoleh sebelumnya (S1)

E. Formulir pendaftaran harus bertandatangan asli dan bermeterai dengan persetujuan kepala SKPD.

F. Semua berkas harus dikirim ke PUSBINDIKLATREN BAPPENAS dengan alamat Jl. Sunda Kelapa no. 9 Menteng Jakarta Pusat 10310 paling lambat tanggal 28 september 2012 (cap pos).

informasi yang resmi dan lengkap dapat diunduh disini atau menghubungi Kantor PUSBINDIKLATREN BAPPENAS telepon 021-31931447 atau 021-31934147 atau email pusbindiklatren@bappenas.go.id

Pengumuman hasil proses seleksi beasiswa BAPPENAS 2013 ini akan diumumkan sebagai berikut :

  1. Program S2 Linkage : Januari 2013
  2. Program S2 Dalam Negeri : Mei 2013
  3. EAP S2 Linkage Belanda dan Australia : Februari s/d Juli 2013
  4. Peningkatan Bahasa EAP reguler : Mei s/d September 2013
  5. BEAP (Basic English for Academic Purposes) : Mei s/d Juli 2013

Latest posts by gregor (see all)

95 thoughts on “informasi beasiswa bappenas tahun 2013”

  1. aku seorang guru di SD yang bertaraf Internasional ingin sekali mendapat beasiswa kuliah S2 tapi sudah berapa kali mendftar tetap tidak dapat karena IPK ku cuma 2,42 apakah aku bisa minta bantuan disini supaya aku bisa kuliah karna dimasa yang akan datang guru SD RSBI harus lulusan S 2 terima kasih sebelum nya

  2. @mesrawati: umumnya persyaratan untuk mendapatkan beasiswa memang IPK minimal 3. kalo memang pekerjaan sangat tergantung pada gelar S2, ada baiknya mempertimbangkan dengan biaya sendiri saja.

  3. Saya adalah guru pns disalah satu smk negeri dikabupaten bengkulu selatan, sekarang saya sudah lulus seleksi dan sekarang terdaftar dipasca sarjana UNY (Yogyakarta) sebagai mahasiswa semester 1, saya mendapat izin dari pemda dan mendapat tugas belajar selama -/+ untuk masa 2thn. Namun saya tidak mendapatkan tanggungan biaya oleh pemda(biaya sendiri),pada awal nya saya menyetujui karena keinginan belajar saya sangat tinggi,dan tetap berusaha untuk mencari peluang beasiswa dari segala sumber.
    Yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa mendapatkan beasiswa ini??
    Mohon saran nya.Terima kasih.

  4. saya bekerja di Kantor kementerian agama Kab. Lebong Provinsi bengkulu.. untuk informasi beasiswa ini saya sering telat mendapatkan info dan saya ingin sekali kuliah di s2..saya bekerja sebagai perencana sesuai dgn SK Capeg dan SK PN saya. dan baru tgl 07 Okt 2012 saya mendapatkan kesempatan untuk ikut Diklat Fungsional Perencana di UGM.. mohon kiranya saya diberi kesempatan untuk kuliah S2 agar saya bisa lebih mendalami sabagi perencana mengingat sedikit sekali bahkan tidak ada perencana di kementerian agama apalagi dibawah Eselon III.. demikian saya ucapkan terima kasih

  5. @denni: sepengetahuan saya kalau tugas belajar biasanya mendapat bantuan finansial dari pemda. Tapi kalau ijin belajar biasanya tidak. Jika anda merasa memenuhi persyaratan, tidak ada salahnya utk mencoba mendaftar beasiswa bappenas. Jika tahun ini sudah terlambat, bisa tahun depan. Namun anda harus siap meninggalkan perkuliahan di UNY yg sudah setengah jalan. Jadi pikirkan baik2 sblm mengambil keputusan.

  6. @erwan:jika merasa memenuhi persyaratan, cobalah untuk mendaftar. Biar panitia seleksi yang menentukan apakah anda lolos seleksi atau tidak. Beasiswa ini diadakaan setiap tahun. Jika belum berhasil tahun ini, bisa coba lagi tahun depannya. Ada juga beasisa lain yang juga dibuka tiap tahun yaitu dari kementrian kominfo. Info bisa diperoleh di website MTI UGM http://mti.ugm.ac.id

  7. pak kebetulan saya telat membaca info ini, apa saya bisa menyiapkan kelengkapan nya dan dikirim dalam waktu 2 minggu kedepan, terimakasih banyak

  8. seharus nya emang iya yang namanya tugas belajar ditanggung pemda, tapi kemaren emang udh disampaikan sebelumnya klw pemda tak akan menanggung biaya pendidikan,,dan saya sudah menandatangani perjanjian tak akan menuntut biaya dari pemda..trus apakah saya harus mengulang seandainya saya memperoleh beasiswa dari bappenas ini?? kenapa tidak dilanjutkan pada perguruan tinggi ditempat saya sedang menempuh pendidikan ini saja??
    saya pikir saya dapat mengajukan beasiswa untuk pendidikan saya selanjutnya ( setengah masa study saya saja).

  9. mohon infonya pak kira2 skitar bulan brapa info peserta yg lulus seleksi administratif kluar, sy ikut mengajukan pak, sy kerja di kementerian kehutanan pnempatan pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, trims

  10. tolong formasi pendaftaran untuk umur diatas 40 tahun dong jadi ada kesempatan buat kita …..untuk belajar ,,,,krn masih mau cari ilmu lho…..

  11. saya lily…sy bekerja dilembaga diklat PPPPPTK BISNI dan Pariwisata Jakarta. dibawah KEMENDIKBUD, saya instruktur dilembaga diklat tersebut apakah sy memiliki peluang utk beasiswa dibappenas ini.mohon infonya thanx

  12. nama saya dewi.
    saya menerima SK PNS 100% pada bulan Desember 2011, yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa mencoba mendaftar pada tahun berikutnya (2013)? karena setahu saya, pengumuman pembukaan beasiswa ada di bulan juni – agustus, dan saya belum genap 2th sebagai PNS.
    terima kasih.

  13. saya telat baca info ini.sya bekerja tidak dibagian perencanaan. apa sya punya peluang dpa beasiswa ini. trus apa beasiswa ini akn mengikat kita setelah selesai untuk ttap bekerja di pemko ato pemkab tempt kita bkerja.

  14. Saya seorang dokter gigi udah pns 3 thn tapi sy jga punya basic sarjana administrasi negara (Sarjana Ilmu Politik) dari Adm Negara unpad..sy sekarang dines di Unit PTD Puskesmas..sy ingin sekali ikut beasiswa s2 bappenas..karena ke dpn sy pgn sekali mngembangkan ilmu sosial dan poilitik sya untuk menjadi perencana khususnya di bidang kesehatan..karena kesehatan masyrkat pun adalah fokus dari administrasi publik (negara)…bisa ga yak sy ikutan beasiswa tsb…

  15. Saya guru bahasa inggris disuatu Sekolah tingkat SMK Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Saya seorang PNS. Saya memiliki IPK 3,28. Pendidikan terakhir S-1 Jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Saya ingin sekali melanjut ke jenjang Pasca-Sarjana. Apakah saya bisa mendapatkan peluang? Saya memiliki komitmen untuk membangun Nias Selatan di Bidang Pendidikan.Mohon Informasi. Terima Kasih.

  16. saya guru bahasa inggris di MTsN di jakarta dan sya PNS di kementerian agama.saya ingin sekali melanjutkan studi S2 di luar negeri dengan cara beasiswa,yaaa karna keterbatasan biaya.tapi sebenarnya tidak harus kuliah,kalaupun ada kursus bahasa inggris ataupun magang dilluar negeri secara gratis,saya ingin sekali.I wanna improve,enrich my english.thank u for ur information.

  17. aku seorang guru IPA di salah satu sekolah Madrasah Negeri,, tapi sampai sekarang belum PNS, tapi saya mau sekali lanjut kuliah S2 belum punya dana karena saya masih honor, ada nggak yach beasiswa untuk guru honorer??

  18. Salam,
    Saya seorang guru Bahasa Inggris di Sekolah yg ada di Kabupaten Nunukan, Kaltim. (Daerah Perbatasan Malaysia). Status saya sekarang masih CPNS namun Januari 2013 sy akan mendapatkan 100% saya. Apakah saya bisa mendapatkan beasiswa ini untuk tahun 2013 pak? dan ada info tidak pak tentang beasiswa s2 untuk PNS perbatasan.

  19. saya bekerja di kantor lingkungan hidup dan pertamanan, bagian analisis, bolehkan sy mndptkn beasiswa ini????atw adakah beasiswa S2 yg berkaitan dengan lingkungan??????

  20. saya pegawai kehutanan pengangkatan gol 2 saya melanjutkan s1 2007 dan selesai tahun 2011, tahun 2012 baru penyesuaian ke gol 3,saya sangat berkeinginan unutk dapat melanjutkan pendidikan saya ke s2 apalagi saya dapat rekomendasi dari 2 Guru Besar Kehutanan UNHAS untuk melanjutkan ke S2, mohon informasinya

  21. Sy skrg gol III/b dan April th 2013 gol III/c dan kerja di dinas pariwisata kab. Lombok Timur NTB. Apakah sy masih bisa dapat beasiswa di bappenas?

  22. Saya,PNS Kemenhut lulusan S1 tahun 2007 tapi baru PNS tahun 2012.
    Saya berniat melanjutkan ke S2 tapi saya bingung apakah bisa mengikuti program BAPPENAS. Dan juga apakah saya bisa mengambil jurusan S2 Lingkungan karena saya lulusan S1 Teknik Lingkungan padahal saya bekerja di instansi Kehutanan. Mohon informasi dan masukannya. Terima kasih.

  23. saya pns yang telah bekerja lebih dari 10 tahun bidang kesehatan, saya bekerja diperencanaan selama 2 tahun (2010 s/d 2011 ) kini tdk lagi, test toefel hasilnya 470 umur 33 th saat ini, saya memp kemampuan windows office yg cukup baik karena saya bekerja dg komputer sudah lebih 10 th, ip saya 3.10 tp dalam lingk kerja saya biasa diserep untuk pekerjaan seperti pesuruh kantor dan saya ingin sekali dapat beasiswa ini

  24. saya pns yang telah bekerja lebih dari 10 tahun bidang kesehatan, saya bekerja diperencanaan selama 2 tahun (2010 s/d 2011 ) kini tdk lagi, test toefel hasilnya 470 umur 33 th saat ini, saya memp kemampuan windows office yg cukup baik karena saya bekerja dg komputer sudah lebih 10 th, ip saya 3.10 tp dalam lingk kerja saya biasa diserep untuk pekerjaan seperti pesuruh kantor . Sebenarnya saya sedih sekali, pemerintah sama sekali tidak memperhatikan staffnya, rekan kerja saya semuanya bertingkah seperti boss padahal menghidupkan komputer saja tdk bisa bahkan ada yg bertingkah boss pdhl baru cpns yg lucunya cpns pun dgn adanya otonomi daerah bisa jadi kepala kantor, dan yang bahkan tidak bisa mengetik sama sekali bisa menjabat kepala kepegawaian, sebenarnya pns ini lembaga yg bagaimana????????? dan saya ingin sekali dapat beasiswa ini mudah mudahan nasib bisa berubah,

  25. saya pns yang telah bekerja lebih dari 10 tahun bidang kesehatan, dulu saya bekerja fungsional kesehatan kemudian saya bekerja diperencanaan selama 2 tahun (2010 s/d 2011 ) kini tdk lagi, kini saya ditempatkan jauh dari bidang saya, test toefel hasilnya 470, umur 33 th saat ini, saya mempunyai kemampuan windows office yg cukup baik karena saya bekerja dg komputer sudah lebih 10 th, ip saya lebih dari 3, tapi dalam lingk kerja saya biasa diserep untuk pekerjaan seperti pesuruh kantor . Sebenarnya saya sedih sekali, pemerintah sama sekali tidak memperhatikan staffnya, rekan kerja saya semuanya bertingkah seperti boss padahal menghidupkan komputer saja tdk bisa, bahkan ada yg bertingkah boss pdhl baru cpns, yg lucunya cpns pun dgn adanya otonomi daerah bisa jadi kepala kantor, dan yang bahkan tidak bisa mengetik sama sekali bisa menjabat kepala kepegawaian dan bisa menjabat sebagai bendahara dengan menyuruh nyuruh orang lain, sebenarnya pns ini lembaga yg bagaimana?????????, saya sering tanya sama Allah kenapa begini????, namun saya menyadari keadilan tidak ada didunia adanya di akhirat saja dan saya ingin sekali dapat beasiswa ini mudah mudahan nasib bisa berubah.

  26. selamat pagi
    mohon info sy bukan dr unit perencana, sy fungsional auditor apakah bisa mendapatkan beasiswa bappenas?

    terima kasih
    tina

  27. wah asik yah yang udah PNS yang berpenghasilan tetap bisa dapat beasiswa s2.. kapan yang honorer bisa dapet juga beasiswa s2…mudah-mudahan Alloh memperlancar rizki kesehatan dan pemahaman niat baik untuk menuntut ilmu dijalan Alloh aminn

  28. Saya PNS Gol. III/b dengan jabatan eselon IV di Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Bisa kah saya ikut dapat beasiswa. kalau bisa, bagaimana cara mendaftar nya? kapan dibuka pendaftaran?

  29. saya bekerja pada dinas pendaptan, apakah saya bisa mengikuti program beasiswa ini,untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru link nya apa ya? bisakah saya memilih untuk study di unpad bandung? mohon bantuannya informasinya ya…

  30. assalamualaikum,,
    saya sekarang masih pendidikan D4 di ipdn, tapi saya kepingin melanjutkan pndidikan s2 keluar negri. apakah ada bisa?

  31. mohon info, saya bukan dari unit perencana, tapai saya dari instansi Badan lingkungan hidup daerah, bolehkah saya mendaftar?????

  32. saya PNS sudah 5 tahun bekerja di BAPPEDA Provinsi…. pada saat menjadi PNS saya diterima dalam gelar S2..tahun 2013 atau 2014 apa gak ada beasiswa untuk S3 dalam negeri ya? mohon bantuan infonya..makasih banget..

  33. asslm.sy mau tanya apa saya bisa ikut mendaftar beasiswa bappenas???saya s1 keperawtan yang ingin melanjutkan s2 kep.??bagaimana ikut seleksinya???

  34. Saya S1 Manajemen, bekerja di Kemenag Kabupaten… apa bisa apply, masalahnya infonya saya liat dapat ijin dari SKPD, sementara saya berstatus PNS pusat…. terima kasih

  35. saya guru sd yg sudah pns masa kerja lbh ari 2 th golongan IIb tap memiliki ijasah S1.apakah saya bisa mengikuti beasiswa ini.

  36. Kalau syaratnya mutlak S1, jadi D4 gak bisa ya? Padahal (katanya) D4 itu setara dengan S1 tp biasanya diselenggarakan oleh sekolah kedinasan, jadi bagaimana jelasnya?

  37. Kalau syaratnya mutlak S1, jadi D4 gak bisa ya? Padahal (bukannya) D4 itu setara dengan S1 (tp biasanya diselenggarakan oleh sekolah tinggi kedinasan), jadi bagaimana jelasnya?

  38. Saya S1 Ekonomi Akuntansi, sekarang bekerja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Gol.III/b. Apakah bisa melamar untuk S2 untuk jurusan yang sama. kapan saya bisa melamar dan apakah masih ada kemungkinan untuk tahun ini. Terima Kasih dan Mohon Tanggapanya.

  39. Saya penerimaan PNS dari D3 tahun 2010,
    di tempatkan di dinas Pemuda dan Olahraga di bagian Umum,
    dan terhitung 1 april 2013 penyesuaian Gol III/a
    APakah sudah bisa mendaftar untuk S2?

  40. Saya PNS Golongan III/a pada Dinas Kehutanan Kabupaten Nagekeo. Sejak pengakatan sebagai CPNS tahun 2009 saya ditempatkan pada sub bagian perencanaan Dinas Kehutanan.Saya sangat berminat untuk dapat mengikuti program beasiwa S2 dari BAPPENAS guna meningkatkan kemampuan saya di bidang perencanaan khususnya pembangunan bidang kehutanan. emoga di tahun 2014 saya dapat peluang untuk dapat mewujudkan harapan dan impian itu….
    Terima kasih….

  41. mohon penjelasan tentang kesetaraan S1 dengan D4 sebagaimana ditanyakan oleh saudara siswanto di atas, yang menjadikan salah satu syarat diterima atau tidaknya memperoleh beasiswa dari pusbindklatren. terimakasih

  42. Bapak/ Ibu yg terhormat Sy mau tanya penjelasan atau proses TPAx bs diketahui dimana?????tlg penjelasanx bapak/ibu….makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*