gua pindul wonosari gunung kidul

Beberapa waktu lalu kami sekeluarga pergi rekreasi ke gua pindul yang ada di kabupaten gunung kidul DIY. Obyek wisata ini tergolong baru namun sudah dikelola dengan cukup baik. Sangat menyenangkan rekreasi
disana. Jaraknya pun tidak begitu jauh dari Jogja. Menteri BUMN Pak Dahlan Iskan juga ternyata sudah pernah berkunjung kesana. Di akhir pekan obyek wisata ini ramai dikunjungi, namun pada hari kerja tidak begitu ramai. Hal utama yang harus disipakan adalah pakaian ganti, karena anda akan mengapung sambil tiduran di ban pelampung memasuki gua pindul. Jika tidak membawa, bisa menyewa pakaian 5rb rupiah.

dalam gua pindul

dalam gua pindul

Untuk menuju gua pindul, dari jogja melewati bukit patuk terus saja ke arah kota wonosari hingga tiba di perempatan air mancur yang ada logo Bank BPD belok kiri. Selanjutnya ada dua pilihan, pertama dengan menggunakan jasa penunjuk jalan atau yang kedua cari sendiri. Jika ingin cepat sampai gunakan pilihan pertama yaitu jasa penunjuk jalan yang ditawarkan oleh para pemuda yang nongkrong di perempatan air mancur. Mereka akan mengejar anda untuk menawarkan jasanya mengantar sampai ke gua pindul secara gratis. Mengapa gratis? karena jika mereka membawa anda hingga ke gua pindul, mereka akan mendapatkan komisi dari pengelola gua. Anda sendiri tidak perlu memberi mereka uang sepeserpun.

Jika anda ingin cari jalan sendiri, cari cara untuk menolak secara halus. Misalnya sesekali berhenti untuk memotret pemandangan dan katakan  bahwa anda tidak langsung menuju gua pindul tapi mau foto-fotodulu. Jika mereka tetap ngotot, tidak usah khawatir, umumnya mereka tidak bermaksud jahat. Hanya mencoba mencari sedikit rejeki.

Setelah belok kiri di perempatan air mancur, terus saja (ikuti jalan yang ada garis marka) hingga bertemu pertigaan lalu belok kanan. terus lagi hingga tiba di traffic light masih lurus lagi nanti akan ada pertigaan di sebelah kiri yang ada gerbang tulisan Desa Bejiharjo. Masuk ke gerbang itu dan ikuti jalan yang ada garis marka sampai di lokasi ada tulisan selamat datang. Anda akan disambut oleh tukang parkir yang menunjukkan dimana dapat memarkir kendaraan. Di area parkir ada penjual makanan, minuman tradisional seperti pecel lele, wedang ronde, rujak es krim, lotek, dll. Juga ada penjual mainan anak seperti kuda lumping, balon, dll. Keberadaan obyek wisata gua pindul membawa manfaat ekonomi yang positif bagi masyarakat sekitar.

Selanjutnya menyeberang jalan dan naik tangga ke loket informasi dan pengelola.  Ada tiga obyek yang dapat dikunjungi yaitu gua pindul, gua gelatik dan arung jeram. Kami hanya mencoba gua pindul saja. Biaya per orang Rp.30.000,- baik dewasa maupun anak. Jika membawa anak kecil pastikan anak tidak phobia gelap. Fasilitas yang diberikan antara lain 2 orang pemandu, life jacket, ban pelampung, locker titipan barang, sepatu karet. Waktu tour kira-kira 45 menit.

memilih life jacket

memilih life jacket

Anda dapat membawa kamera sendiri tanpa perlu khawatir terendam air karena sebagian besar tubuh akan berada di permukaan air. Namun tetap harus berhati-hati agar kamera tidak jatuh ke air. Jika tidak membawa kamera, pengelola menyediakan jasa dokumentasi dalam bentuk CD dengan biaya Rp.30.000,- untuk kira-kira 200 foto. Setelah mempersiapkan diri dengan life jacket dan sepatu karet, dengan membawa ban pelampung anda akan dipimpin oleh pemandu berjalan kakisekitar 200 m menuju ke gua pindul. Sebelum masuk gua ada briefing sedikit oleh pemandu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan.

briefing sebelum masuk gua pindul

briefing sebelum masuk gua pindul

Gua pindul terdiri dari 3 zona yaitu zona terang, zona remang-remang dan zona gelap abadi. Di dalamnya dihuni oleh sedikit kelelawar dan burung walet.Ada banyak stalaktit dan stalagnit baik yang pembentukannya masih aktif maupun yang sudah selesai. Menurut pemandu, jika anda menyentuh ujung stalaktit yang masih aktif maka anda memperlambat proses pembentukannya selama 5 tahun. Stalaktit yang terbesar berdiameter +/- 10 m. Kedalaman air dalam gua bisa mencapai 12 m.

Jika berasal dari luar Jogja dan membutuhkan pemandu dan kendaraan untuk menuju kesana silakan klik disini.

terjun bebas dalam gua pindul

terjun bebas dalam gua pindul

Tagged with: , , ,
Posted in indonesia, jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TWEET
Lazada Indonesia