aktivasi lisensi windows server 2008 R2

Belum lama ini kantor kami membeli windows server 2008 R2, windows web server 2008 R2 dan sql server 2008 R2. DVD installer datang dalam 3 kotak coklat beserta selembar kertas tebal berwarna kuning yang adalah Microsoft Open License Purchase Order (MOLPO). Namun¬† tidak terdapat tulisan 25 digit product key seperti lazimnya¬† CD atau DVD installer microsoft. Pada DVD terdapat tulisan “(Volume License Key Required). Selama instalasi pun tidak diminta untuk memasukkan product key. Setelah selesai menginstal 3 perangkat lunak tersebut di 2 server ibm x3650 m3, ditampilan jendela Initial Configuration Task ketika pertama kali server start terdapat tulisan bahwa status windows belum teraktivasi. Jika diklik Activate Windows maka akan diminta untuk memasukkan 25 digit product key. Saya agak bingung juga untukmendapatkan product key ini.

Saya coba tanya mbah google, katanya kita perlu mendaftarkan email kita ketika membeli product microsoft dan selanjutnya untuk aktivasi produk kita harus login ke https://www.microsoft.com/licensing/servicecenter. Setelah saya tanyakan ke atasan, ternyata beliau pernah dimintai email oleh rekanan ketika dulu hendak membeli windows. Tak lama kemudian beliau mendapat email dari microsoft dengan subject “Welcome to the Microsoft Volume Licensing Service Center (VLSC)”. Saya minta atasan saya untuk memforward email tersebut ke email saya.

Pesan dalam email tersebut menyebutkan bahwa kita harus melakukan registrasi dan validasi terhadap Business Email yang disebutkan dalam email tersebut dengan klik link yang ada dalam email tersebut https://www.microsoft.com/licensing/servicecenter/. Klik Sign in now dan kemudian minta ijin dan password email atasan untuk sign up now guna membuat windows live id dulu agar bisa login dan mendaftarkan business email tersebut. Setelah login, pada menu Find What You Need – Fast di sebelah kiri, klik Find the product keys maka tampillah semua software yang kita beli beserta product key nya.

Masalah selanjutnya adalah product key mana yang harus digunakan? Karena ada 2 jenis product key, yaitu MAK dan KMS. Setelah membaca dan mempelajari agak lama tentang lisensi microsoft yang ribet di halaman FAQ ternyata KMS adalah layanan aktivasi yang memungkinkan suatu organisasi untuk melakukan aktivasi tanpa mengharuskan tiap komputer untuk terhubung ke server microsoft. Ini berguna bagi organisasi yang punya banyak produk microsoft untuk diaktivasi. Jadi tinggal install satu komputer yang ada KMS nya, komputer-komputer lain dihubungkan ke KMS tersebut selanjutnya KMS yang akan menghubungi microsoft untuk aktivasi.

Sedangkan MAK adalah metode aktivasi yang memungkinkan komputer yang ingin diaktifkan untuk langsung terhubung ke server aktivasi microsoft. Jumlah aktivasi yang boleh dilakukan pun ada batasnya. Untuk windows server 2008 std R2 dan windows web server 2008 R2 saya lihat jatah aktivasinya 45 kali. Maksudnya kita bisa install ulang server dan aktivasi kembali sebanyak 45 kali. Untuk meningkatkan jatah aktivasi bisa melalui http://www.microsoft.com/licensing/resources/vol/numbers.mspx

Saya pilih metode MAK untuk aktivasi 2 windows server 2008 tersebut melalui menu activate windows di jendela Initial Configuration Task. Setelah aktivasi akan muncul angka-angka product ID dan status menjadi activated. Selanjutnya langsung lakukan download dan install update.

Latest posts by gregor (see all)

9 thoughts on “aktivasi lisensi windows server 2008 R2”

  1. mas saya nanya untuk kabel data yg dari lsi card to backplant harddisk kok tidak berfungsi , apa ada yg jual kabel data dari internal routing to backplant harddisk (kabel data 4 harddisk to one port).
    untuk validasi memang sudah betul mas, saya pake ibm server system x 3620 m3-7376, tapi waktu beli dvd microsoft sudah langsung ada serial number, terima kasih ya itu dulu

  2. @harisubagyo: sebaiknya anda minta tolong pada vendor dimana dulu anda beli server tersebut. jika vendor tidak dapat membantu, bisa telpon ke ibm call center 08001403555. berdasarkan pengalaman saya, ada baiknya anda siapkan machine type, fru number, serial number dari server anda karena biasanya staf ibm membutuhkan informasi tersebut sebelum dapat membantu anda.

  3. @maman:kalau emailnya memang sudah didaftarkan dan anda lupa passwordnya. klik aja Forgot your password? nanti microsoft akan mengirim link untuk reset password ke email yang terdaftar tersebut.

  4. Salam kenal mas,

    Numpang tanya nih..
    Di DVD Windows Server 2008 R2 saya …. disini selain product key, ada virtual key.
    Fungsi virtual key, apa ya mas …. Cara masukkannya bagaimana? Karena yang diminta masukkan oleh Microsoft cuma product key.
    Kalau ngga di masukkan ada masalah ngga??

    Sebelumnya terima kasih ya ..

  5. Mau tanya.. selama ini yang terdaftar adalah email pimpinan saya. Jadi setiap ada penambahan license, yang dapat notifikasi adalah pimpinan saya. Saya harus masuk dengan menggunakan account email pimpinan agar bisa melihat product key.
    Bagaimana prosedurnya agar email saya juga bisa mendapatkan notifikasi tanpa menghilangkan email pimpinan saya?
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*