Ritz-Carlton dan JW Marriot Jakarta dibom

Pagi ini ketika sedang menonton berita di stasiun TV favorit, TV0ne, saya dikejutkan ketika pembawa acara tiba-tiba memberitahukan bahwa sebentar lagi mereka akan break untuk memberitakan tentang bom yang meledak di hotel ritz-carlton jakarta. Ternyata tidak langsung keluar beritanya tapi ada iklan dulu. Saya mengira iklannya cuma satu, ternyata kok banyak. segera pindah channel ke stasiun TV favorit kedua,MetroTV. ternyata MetroTV sedang breaking news untuk memberitakan tentang kejadian tersebut. menurut MetroTV ada ledakan dari restoran di lantai 3 hotel ritz-carlton sekitar pukul 8 pagi. diperkirakan ledakan berasal dari genset. MetroTV menayangkan pembicaraan via telepon dengan beberapa saksi mata yang sedang berada di lokasi. pikir saya cepat sekali mereka berhasil mengontak orang di lokasi kejadian. hebat. mereka yang mengontak ato mereka dikontak ya…….

ternyata menurut keterngan saksi tersebut ada dua ledakan, yaitu di plaza mutiara dan ritz-carlton. saya pun mendengarkan terus berita di MetroTV. informasi selanjutnya diberitakan bahwa ledakan terjadi di hotel jw marriot dan ritz-carlton. mana yang benar nih, tadi katanya di plaza mutiara dan ritz-carlton, sekarang jw marriot dan ritz-carlton. sayangnya MetroTV belum bisa memberikan gambar di lokasi kejadian, padahal saya ingin melihat seperti apa dampak ledakan bom tersebut.

saya pindah channel ke TVOne yang rupanya juga sedang memberitakan yang sama, tapi juga tanpa gambar. saya pindah-pindah channel antara TVOne dan MetroTV karena beranggapan bahwa dua stasiun TV tersebut adalah stasiun TV yang mengkhususkan diri pada berita, pasti tidak lama lagi mereka akan berhasil menayangkan gambar lokasi yang dibom. tapi karena lama tidak keluar juga gambar yang diharapkan, saya pun mencoba untuk pindah ke stasiun TV lain. Ternyata ANTEVE sudah berhasil mendapatkan gambar lokasi kejadian. Namun dari kejauhan karena mereka mengambil gambar dari lantai atas gedung kantor mereka yang jaraknya kurang lebih 5 Km dari lokasi pemboman. Lumayanlah, setidaknya ada gambar.

Lama-lama bosan juga liat gambar dari kejauhan, maka saya mencoba stasiun TV yang lain. ternyata TransTV sedang LIVE dari dari lokasi kejadian. wah, top banget nih TransTV, kalah deh stasiun TV favorit. akhirnya rasa penasaran untuk mengetahui kondisi di tempat pemboman bisa terjawab di TransTV. ternyata kerusakannya parah. kalo seperti itu kerusakannya, saya menyimpulkan pasti karena bom, bukan genset yang meledak. sungguh kasihan orang-orang yang kebetulan berada di tempat itu. kenapa orang yang membom itu tega menyakiti orang lain tanpa tujuan yang jelas :(( pasti dia sudah kehilangan kemanusiaannya….. kasihan juga dia, sudah tidak jadi manusia lagi……

email di squirrelmail tidak tampil

Hari ini seorang teman menelpon dan bercerita bahwa webmailnya yang menggunakan squirrelmail tidak bisa menampilkan satu pesan dari sang boss. Padahal email tersebut dikirim oleh sang boss untuk beberapa orang. Setiap kali mencoba untuk membuka email itu, yang tampil bukannya pesan dari sang boss tapi hanya halaman kosong.

Saya kemudian mencoba untuk mencari penyebabnya. Awalnya saya mengira penyebabnya adalah format nama file yang tidak biasa. Pesan tersebut memiliki format :

1246937323.M970733P17813V0000000000000803I0008FEF9_0.somedomain.com,S=1317:2,

padahal biasanya format nama file adalah :

1246846105.27436.somedomain.com,S=1207:2,

tapi ternyata tidak juga. karena setelah dibandingkan, pada beberapa penerima formatnya ada yang biasa tapi tidak bisa tampil juga.

Selanjutnya yang bisa jadi penyebab adalah ukuran file yang terlalu besar. Pesan si boss memiliki ukuran file 8,5Mb. Saya lalu mencari-cari di log file untuk menemukan error yang kira-kira ada hubungannya dengan ukuran file yang besar. Di error log apache ada pesan seperti berikut :

Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 140 bytes)

Agar lebih yakin bahwa pesan error tersebut memang diakibatkan jika membuka email si boss maka saya tail -f error_log lalu mencoba membukan email si boss dari webmail. Ternyata pesan error tersebut muncul lagi.

Mbah google memberi nasihat untuk mengedit php.ini dan mengganti memory_limit dengan angka yang lebih besar. Maka saya ganti menjadi memory_limit = 64M lalu restart apache. Mbah google memang benar, sekarang email dari si boss sudah bisa tampil.

Terima kasih mbah google……