Transformasi Birokrasi dengan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang demikian pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas telah membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan telah menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung kualitas dan pelayanan pemerintah.

Terwujudnya pelayanan prima dalam arti pelayanan yang cepat, tepat, adil dan akuntabel, merupakan tuntutan bagi setiap pemerintah daerah di era otonomi. Pemerintah juga perlu melakukan penyempurnaan sistem pelayanan publik yang menyangkut perbaikan metoda dan prosedur pelayanan di setiap unit organisasi pemerintah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan TIK dapat membantu instansi pemerintah dalam mewujudkan good governance. Oleh sebab itu, instansi pemerintah perlu melakukan pengelolaan sumber daya TIK secara baik dan benar.

Pemanfaatan TIK oleh pemerintah daerah selama ini masih mengalami berbagai hambatan dan kendala. TIK masih dipandang sebagai cost center dan bukan sebagai long term investment sehingga belum dapat dilihat kemanfaatannya secara jelas. Selain itu, faktor kelembagaan dan sumberdaya manusia bidang TIK di dalam organisasi pemerintah daerah juga masih terbatas. Di sisi lain, pemanfaatan TIK di beberapa daerah telah mampu menghemat anggaran dan juga membuka peluang bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berdasarkan pengalaman, banyak pemanfaatan dan pengelolaan TIK yang mengalami kegagalan, hambatan dan kendala di berbagai daerah. Maka diperlukan suatu forum antar daerah untuk sharing pengalaman. Mahasiswa CIO angkatan ke-4 Magister Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada akan menyelenggarakan seminar nasional sebagai forum diskusi untuk mencari masukan dan solusi dari best practice beberapa daerah yang telah cukup berhasil memanfaatkan TIK. Selain itu, seminar nasional ini diharapkan mampu memperjelas roadmap keberhasilan implementasi e-Government di daerah.

Tema Seminar : “Transformasi Birokrasi dengan Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dalam Upaya Peningkatan  Kualitas Layanan Publik

Pelaksanaan Seminar Nasional:
Hari Kamis, 18 Juni 2009
Di Gedung Auditorium Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Pendaftaran : GRATIS dengan mengirimkan fax ke 0274 – 547506 (nama, alamat, organisasi, jabatan, nomer HP) atau download dan mengisi formulir konfirmasi dan mengirimkannya ke seminar[at]mti.ugm.ac.id. Tempat terbatas. Panitia akan menghubungi pendaftar via sms untuk kepastian mendapatkan tempat.

Sekretariat Panitia :

Kantor Program Magister Teknologi InformasiGedung Teknik Elektro, Lantai 2.
Jl. Grafika No. 2, Yogyakarta 55281

Reblog this post [with Zemanta]

Latest posts by gregor (see all)