Syarat-syarat mengurus NPWP

Share

Info terakhir tentang NPWP:

saat ini untuk mengurus NPWP kita tidak perlu datang ke kantor pajak karena dapat diurus secara online melalui situs dirjen pajak. Untuk petunjuknya bisa download disini. Untuk persyaratannya tetap seperti tulisan saya yang dulu sebagai berikut:

————————————————————————————

Jika tiba-tiba merasa malu karena belum punya NPWP lalu ingin segera mengurusnya, berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan :

1. Untuk wajib pajak orang pribadi baik yang punya usaha ataupun tidak, perlu menyiapkan KTP jika sebagai penduduk indonesia atau paspor jika orang asing.

2. Untuk wajib pajak badan perlu disiapkan :

  • akte pendirian dan perubahan atau surat keterangan penunjukkan dari kantor pusat bagi bentuk usaha tetap
  • NPWP pimpinan atau penanggung jawab badan
  • KTP untuk penduduk indonesia atau paspor untuk orang asing sebagai penanggung jawab

3. Untuk bendahara sebagai wajib pajak pemungut atau pemotong

  • Surat penunjukan sebagai bendahara
  • KTP bendahara

4. Untuk joint operation bagi wajib pajak pemungut atau pemotong

  • Perjanjian kerja sama atau akte pendirian joint operation
  • KTP untuk penduduk indonesia atau paspor untuk orang asing sebagai penanggung jawab
  • NPWP pimpinan atau penanggung jawab badan

5. Untuk NPWP orang pribadi yang berstatus sebagai pengurus, komisaris, pemegang saham dan pegawai dapat melalui pemberi kerja atau bendaharawan pemerintah.

Pengurusan dapat dilakukan di kantor pelayanan pajak tanpa dipungut biaya alias gratis.

Tagged with: ,
Posted in indonesia
36 comments on “Syarat-syarat mengurus NPWP
  1. james tauran says:

    Mohon infonya, Apakah saya dapat mengurus NPWP, walaupun KTP saya berasal dari daerah yang berbeda dengan tempat pengurusan NPWP???
    (Contohnya : Saya pemegang KTP Kota Manado, ingin mengurus NPWP di Jakarta)
    Trims.

  2. gregor says:

    Pak James,
    Sepengetahuan saya tidak bisa.

  3. aris says:

    mohon infonya…
    saya seorang mahasiswa berumur 25 th, n saya belum bekerja n masih ikut ortu n ortu saya sudah mempunyai NPWP. apakah saya wajib mempunyai NPWP? mohon pencerahannya? jika ya, kan saya belum bekerja masih kuliah , kalu mabayar pajaknya brapa? thanks

  4. gregor says:

    sepengetahuan saya, NPWP wajib dimiliki jika sudah memiliki penghasilan.

  5. Moshi says:

    kalo saya dah berpenghasilan <1 jt, apakah wajib jg bt ngurus NPWP?
    yg wjb ngurus NPWP tu cp aja ya? potongan pajaknya mpek berapa?
    Thanks bt infonya.

  6. gregor says:

    @Moshi: kalau sudah berpenghasilan wajib punya npwp meskipun kalau penghasilan <1 jt tidak akan kena pajak, karena masuk kategori penghasilan tidak kena pajak (PTKP). info lebih lengkap tentang PTKP bisa lihat di http://www.pajakonline.com/engine/learning/view.php?id=653

  7. Nova says:

    1. kalau ingin menanyakan masalah pajak ke Bapak apa boleh langsung lewat email?, maksud saya langsung ke emailnya Bapak.
    2. saya pernah tau PPh 21 Ditanggung Pemerintah (DTP), untuk tahun 2011 kapan mulai berlaku ya Pak, dan apa syarat bagi perusahaan untuk mengajukan permintaan tsb?

    trimakasih atas jawabannya.

  8. gregor says:

    Mbak Nova,
    perlu saya informasikan bahwa bukan ahli di bidang pajak :)
    mengenai DTP, sepengetahuan saya sejak tahun 2010 lalu sudah tidak ada lagi. alasannya karena berdasarkan kondisi di tahun 2009, pemanfaatan DTP kurang maksimal sehingga dinilai tidak efektif.

  9. Novi says:

    Pak, sy mau urus NPWP tapi penghasilan saya tdk sampai 1.5 juta. selama sy bekerja sy tdk menerima slip gaji karena bekerja pada tempat yg sederhana. Apakah sy bisa mengurus NPWP ini meski tdk punya slip gaji
    Terimakasih atas jawaban dan perhatian Bapak sebelumnya

  10. gregor says:

    bisa mbak novi, datang saja ke kantor pajak.

  11. nunu says:

    kalo saya nggak punya kerjaan, nggak punya usaha…dan lagi nyari kerja. Bisa nggak saya buat NPWP?

  12. gregor says:

    @nunu: boleh saja

  13. bram says:

    Askum. saya tinggal dicikampek mau ngurus/membuat NPWP dimana saya harus mengurus dan apa syaratnya.

  14. gregor says:

    @bram:maaf mas, kalo di cikampek saya kurang paham.

  15. desmi says:

    surat2 yg diperlukan utk mengurus npwp apa saja???
    saya maunya mengurus g via online, lgsung k kantornya..
    thanks…

  16. gregor says:

    @desmi: langsung ke kantornya saja membawa KTP.

  17. Ita says:

    Saya bekerja di daerah Singosari Malang, Jawatimur. sedangkan alamat KTP saya di Pasuruan, jawatimur.

    apakah saya bisa mengurus NPWP di KPP Singosari, atau harus di KPP pasuruan ? dan bagaimana jika saya ingin menguruskan secara kolektif. untuk teman – teman kerja saya?

  18. gregor says:

    @Ita: sekarang anda dapat mengurus NPWP secara online melalui situs http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do untuk petunjuk pendaftaran online bisa lihat di http://www.pajak.go.id/dmdocuments/ereg.pdf

  19. rio jaya says:

    Mhn Maaf, Klo misalnya penghasilan /Gaji tdk buat semestinya atau di.ltinggikan nilainya apakah akan ada pengaruhnya trhdp biaya pajak dikemudian hari?, sebab syarat untuk KPR nilai gaji harus 3x nilai angsuran..
    kalau harus ikut syarat itu tentu tidak akan mampu, sedangkan nilai minimal angsuran KPR sekarang tinggi dan akan terus meningkat. sedangkan klo tdk punya NPWP tentu pengajuan KPR akan ditolak oleh bank, meskipun pada dasarnya kita mampu membayar jumlah angsuran yg ditentukan. padahal untuk menunggu ACC dari bank biasanya DP/booking fee harus bibayarkan dahulu & akan dianggap hangus oleh pengembang klo tidak diACC Bank. lalu bagaimana sebaiknya?

  20. gregor says:

    @rio jaya: mohon maaf, pertanyaan anda diluar kompetensi saya :(

  21. theo says:

    kalo KTP sedang dalam proses perpanjangan sementara syarat masuk perusahaan tersebut harus memiliki NPWP bagaimana?sementara KTP belum juga selesai juga.

  22. gregor says:

    @theo: sepertinya harus menunggu selesainya proses perpanjangan KTP.

  23. omita says:

    saya bekerja wiraswasta bidang ekspedisi mau ngajukan proposal apa perlu sy mengurus npwp?trus apa langkah selanjutnya supaya usaha lebih solid?mohon petunjuk trims

  24. rizky says:

    apakah NPWP utk bendahara salah satu syratnya harus mempunyai NIP.

  25. Erwin says:

    NPWP saya hilang, saya hanya punya nomornya (copy tidak ada).
    Apakah masih bisa diurus atau harus buat yng baru?
    Alamat pengurusan NPWP terdekat dimana?
    saya tinggal di Pondok Aren, Tangerang Selatan..
    Tks.

  26. andre anto says:

    Saya pernah punya npwp dan tak tahu kemana npwp saya hilang bagai mana cara pengurusan’a…
    ♍άKα§îîîîîĦ

  27. datang saja ke kantor pajak dengan membawa surat keterangan kehilangan dari polisi. nanti akan dibantu untuk membuat kartu pengganti.

  28. hendra says:

    saya mau buat npwp badan, tapi penanggung jawab atau dirut orang asing, dan WNA tersebut tidak memiliki NPWP, apakah bisa saya buat npwp badan???
    mohon infonya tks

  29. dibuatkan saja NPWP untuk WNA nya. undang-undang pajak mengatakan:
    Subjek pajak dalam negeri adalah:
    a. orang pribadi yang bertempat tinggal di Indonesia, orang pribadi yang berada
    di Indonesia lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12
    (dua belas) bulan, atau orang pribadi yang dalam suatu tahun pajak berada di Indonesia dan mempunyai niat untuk bertempat tinggal di Indonesia

  30. Lucxas says:

    Saya brasal dr klaten, 5 thn yg lalu saya ikut rekrutan k pulau bintan slma 2 thn dan rekrutan 3 thn.. Saya dulu ngurus Npwp d bintan kmuadin sy prpnjang stlah sy krja d batam.. Prtanyaan saya knp saya mndpt surat teguran dr kntor pajak klaten ttg tlt byr pajak slma 3thn pdhl npwp sy urus d bintan?

  31. Hendrax says:

    Sy pny NPWP thn 2010 dan stlh itu sy pndah kerja dan tdk melapor ke kntor pjak, gaji sy skrg <1jt apakah jk lapor pjaknya berlipat gmana pak trm ksih

  32. @hendrax: gaji <1jt tidak kena pajak kok.

  33. mualimin says:

    bpk yg terhormat,saya mau buat npwp untuk organisasi pemuda di lingkungan RW,apa itu bisa trus syaratnya apa saja?trims

  34. wahyu says:

    dengan adanya e-ktp, untuk pengurusan npwp apa harus ktp se-kabupaten dengan kantor pajak? sedangkan tempat kerja di wilayah luar kabupaten

  35. @wahyu: tidak harus se-kabupaten dg kantor pajak

  36. yuke says:

    kalo mw bikin spt badan gimana ya?
    terus klo mw ngurus npwp yg hilang gimana? itu diganti dengan no yg baru ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TWEET
  • Ternyata prabowo bukan negarawan. Untunglah gak coblos nomer 1.

  • Horeeee so far quick count shows jokowi-jk win

  • Vandalisme di kantor tvone jogja adalah perlawanan terhadap kekerasan pers. Tvone tdk sadar bhw kebebasan pers nya sudah kebablasan.

  • Janji-janji prabowo terlalu muluk dan irasional.

  • Korupsi di kementrian koperasi yg melibatkan anak syarief hasan makin mempertegas partai demokrat gagal menangkal godaan korupsi.