aktivasi windows 2008 server core

hari ini seorang teman menginstal windows 2008 server core. cd nya sih copian, tapi katanya ngopinya dari cd original, biar yg ori lebih awet. gak tau bener ato enggak tuh :). ada yang ingin saya share dari pengalaman instalasi tersebut. semoga bisa bermanfaat bagi yang mengalami masalah yang sama.

rupanya kalau di windows 2008, setelah selesai proses instalasi harus dilakukan aktivasi, caranya adalah dengan mengetikkan baris berikut pada command prompt :

start /w slmgr.vbs -ato

namun ketika kami coba lakukan aktivasi muncul pesan error yang menyatakan ada yang tidak beres dengan Key Management Service (KMS). memang ada satu langkah yang kurang kami lakukan. menurut buku yang kami jadikan acuan, seharusnya ada proses memasukkan product key waktu proses instalasi. tapi karena halaman untuk memasukkan product key tidak ada ya kami tidak bisa memasukkannya.

setelah bertanya pada mbah google, ternyata solusinya adalah, ketikkan baris-baris berikut pada windows command prompt dan sesuaikan AAAAA-BBBBB-CCCCC-DDDDD-EEEEE dengan product key yang dipunyai:

start /w slmgr.vbs -ipk AAAAA-BBBBB-CCCCC-DDDDD-EEEEE

kemudian ketikkan baris berikut :

start /w slmgr.vbs -ato

untuk mengetahui status aktivasi ketikkan baris berikut :

start /w slmgr.vbs -dli

Paket Nelpon Murah dari XL

Pembaca yang terhormat, perlu saya informasikan bahwa informasi di halaman ini sudah tidak update lagi. XL telah mengeluarkan paket nelpon dengan skema yang semakin rumit dan tidak murah lagi tergantung di kota mana anda berada. Anda dapat melihat infonya lebih lengkap dengan klik disini.

———————————————————————————————————–

Belum lama ini provider GSM XL mengeluarkan paket nelpon murah untuk pelanggan prabayar yang HANYA BERLAKU UNTUK NELPON SESAMA XL. Paket tersebut terdiri dari dua jenis :

1. Paket nelpon murah sampai puas
2. Paket nelpon murah berkali-kali

cara mendaftar adalah dengan menelpon ke *500# yang selanjutnya pelanggan akan diberikan menu pilihan untuk memilih paket 1 atau 2.

Paket 1 untuk pelanggan yang tinggal di pulau Jawa, Bali dan Lombok, memiliki ketentuan sebagai berikut:

– setiap kali menelpon dengan lama pembicaraan semau anda dalam rentang waktu antara jam 00:00 hingga 11:00 bayar Rp. 300,-
– setiap kali menelpon dengan lama pembicaraan semau anda dalam rentang waktu antara jam 11:00 hingga 17:00 bayar Rp. 1.050,-
– setiap kali menelpon dengan lama pembicaraan semau anda dalam rentang waktu antara jam 17:00 hingga 24:00 bayar Rp. 1.800,-

Paket 2 untuk pelanggan di seluruh Indonesia, memiliki ketentuan sebagai berikut:

– dalam rentang waktu antara jam 00:00 hingga 17:00, pembicaraan yang anda lakukan akan dicatat dan diakumulasikan detik per detik oleh XL. Untuk 50 detik pertama, tarif yang berlaku adalah Rp.20,- per detik jadi anda harus bayar Rp. 1000,-. Anda tidak harus nelpon selama 50 detik. Misalnya nelpon si A 20 detik, lalu nelpon si B 30 detik.
Setelah 50 detik berlalu, maka anda bisa nelpon gratis berkali-kali untuk akumulasi waktu selama 2 jam (sekali lagi, HANYA KE SESAMA XL). Misalnya nelpon Si A 1 jam dan nelpon si B 1 jam. Setelah terakumulasi 2 jam, makan akan berlaku lagi tarif Rp.20,- per detik untuk akumulasi nelpon selama 50 detik. Begitu seterusnya.

– dalam rentang waktu antara jam 17:00 hingga jam 24:00, untuk sekali nelpon berlaku tarif Rp. 10,- per detik hingga detik ke 290, selanjutnya gratis. Jadi anda harus nelpon selama kurang lebih 5 menit dulu sebelum bisa nelpon gratis.

kebetulan belum lama ini saya migrasi dari xplor ke prabayar, sehingga secara default paket yang saya terima adalah “paket nelpon murah sampai puas”. Setelah beberapa kali mencoba paket tersebut, saya mendapat kesan bahwa XL tidak sungguh-sungguh dalam memenuhi janjinya. Karena saya tidak bisa nelpon sampai puas. Saya bisa nelpon paling lama hanya 36 menit, setelah itu terputus. Padahal batre saya dan yang saya telpon belum habis. Mungin benar juga pepatah jawa yang mengatakan “ono rupo ono rego”