perpanjangan batas waktu sunset policy

Hari ini saya mendengar dari berita di televisi bahwa pemerintah memperpanjang batas waktu sunset policy atau pengampunan pajak (pasal 37A ayat 1 UU KUP). Hal ini dituangkan secara resmi dalam siaran pers tertanggal 30 Desember 2008. Siaran pers tersebut berisi tentang tanggal perpanjangan yaitu hingga tanggal 28 Februari 2009 serta alasan pemerintah melakukan perpanjangan sunset policy.

Alasannya adalah untuk memperkuat basis perpajakan nasional guna mengantisipasi dampak krisis keuangan global serta merespon antusiasme masyarakat yang luar biasa dalam memanfaatkan kesempatan pengampunan pajak. Sore ini saya dengar lagi dari televisi bahwa tanggal perpanjangan diundur lagi hingga akhir Maret 2009 khusus untuk mereka yang baru memiliki NPWP tahun 2008.

Berita lain menyebutkan bahwa penerimaan pajak tahun 2008 melampaui target. Ini berarti masyarakat kita sudah makin banyak yang taat membayar pajak. Mudah-mudahan pajak yang dibayarkan oleh masyarakat sungguh-sungguh dibelanjakan dengan baik oleh pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Ditengah krisis global sekarang ini dan yang tahun depan diperkirakan makin parah, investor yang  menanamkan modalnya di Indonesia akan semakin berkurang. Sehingga kegiatan ekonomi diramalkan akan menurun.

Namun ada beberapa faktor yang dapat membantu agar perekonomian tetap dapat berjalan, yaitu adanya belanja pemerintah. Kita sebagai masyarakat berharap agar proyek-proyek pengadaan yang didanai oleh uang rakyat itu sungguh-sungguh dirasakan hasilnya oleh masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum kalau ada pejabat di pemerintahan yang menuntut fee atau bonus dari pihak ketiga yang menang tender. Akibatnya biaya proyek menjadi lebih tinggi daripada yang seharusnya karena selisihnya harus disetorkan kembali kepada pejabat yang bersangkutan.

Saya juga mencoba mengunjungi pajak.go.id untuk pertama kalinya :), ternyata ada fasilitas untuk mengetahui informasi tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) via sms. saya pun iseng-iseng mencobanya, tapi kok tidak ada balasannya ya 🙁 mungkin saya kurang beruntung, lain kali akan saya coba lagi. btw, format sms untuk informasi PBB adalah sebagai berikut :

ketik : PBB<spasi>NomorObyekPajak<spasi>tahun pajak
contoh: PBB 34.04.100.001.011-0449.0 2008

kirim ke 081317872525

Latest posts by gregor (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*