pemilu 2009, masih mau golput juga?

pemilu 2009 sudah semakin dekat. ada 34 partai yang lolos seleksi dan berhak mencoba mendapatkan kesempatan turut serta mewakili rakyat untuk mengatur negeri tercinta Indonesia. sebagian dari kita mungkin bingung untuk memilih sehingga seperti pemilu-pemilu sebelumnya muncul niat untuk menjadi golput saja alias tidak memilih.

setidaknya ada 3 alasan orang untuk menjadi golput.
yang pertama, merasa bahwa tidak ada partai yang sesuai dan mampu mewakili aspirasinya.
yang kedua, tidak yakin bahwa jika ikut memilih dalam pemilu dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik.
yang ketiga, beranggapan bahwa jika makin banyak yang golput maka hasil pemilu akan menjadi kurang legitimasinya.
benarkah demikian?

jika kita tidak malas untuk mencari tahu tentang visi dan misi masing-masing partai, dari 34 pilihan yang ada pasti ada satu yang setidaknya mewakili aspirasi kita. jika benar-benar tidak ada, bikinlah partai sendiri yang mampu untuk lolos menjadi peserta pemilu. atau bergabunglah dengan salah satu partai yang ada dan suarakan aspirasi anda disana. salah satu alasan munculnya banyak partai sekarang ini adalah karena ketidakpuasan terhadap partai-partai yang sudah ada. mungkin ada juga yang mendirikan partai dengan harapan untuk menjadi kaya jika nanti berkuasa. tapi yang seperti itu pasti tidak lama umurnya dan akan hilang dengan sendirinya.

jika kita tidak ikut memilih dalam pemilu, apakah dapat mengubah Indonesia menjadi lebih baik? sepertinya tidak. wakil rakyat adalah cerminan sebagian besar rakyat. suka atau tidak begitulah kenyataannya. jika sebagian besar wakil rakyat suka mementingkan diri sendiri, sebagian besar rakyatnya pun pasti tidak jauh beda.

jika hasil pemilu kurang legitimasinya, so what gitu loh… toh pemerintahan tetap saja berjalan.

dengan menjadi golput berarti anda menyia-nyiakan hak anda dan memasrahkan nasib anda kepada orang lain yang menggunakan hak pilihnya. ketika nanti ternyata sebagian besar pemilih tersebut memilih partai yang kurang baik dan negeri Indonesia menjadi makin buruk dan kehidupan anda menjadi susah, salahkanlah diri sendiri.
bagi anda yang golput pada pemilu-pemilu yang lalu, lihatlah Indonesia saat ini, apakah sesuai dengan yang anda harapkan? kalau saja dulu anda menggunakan hak pilih anda, mungkin sekarang ini Indonesia bisa lebih baik.

Latest posts by gregor (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*